bioethanol

Rabu, 21 September 2011

Medco kekurangan bahan baku singkong

Tuesday, 24 May 2011 18:39   
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE









JAKARTA - Presiden Direktur PT Medco Downstream Indonesia, Bambang W Sugondo, menyatakan saat ini produksi bio etanol PT Medco Energi Internasional Tbk di Lampung kekurangan bahan baku singkong. Sehingga, produksi pabrik bio etanol Medco belum optimal.

"Produksi bio etanol Medco hanya sebesar 126.000 kiloliter per hari. Padahal kapasitas pabrik sebesar 180.000 kiloliter per hari. Produksi kita masih 70 persen, karena kita agak susah mendapatkan singkong akhir-akhir ini," ujar Bambang, sore ini.

Walaupun kesulitan mendapatkan bahan baku, Hingga akhir tahun, Medco berencana untuk mengerek produksi hingga 100 persen sesuai dengan kapasitas produksi. Hasil produksi pabrik bio etanol tersebut akan dijual untuk domestik dan ekspor.

Dikatakan, untuk porsinya, sebesar 50 persen dijual ke domestik dan sisanya sebesar 50 persen dijual untuk ekspor. "Ekspornya macam-macam. Ada yang ke China dan Korea," unkapnya.

Medco berencana untuk melakukan ekspansi dengan membangun pabrik bio etanol baru di Lampung pada akhir 2014 atau awal 2015. Kapasitasnya mencapai 180.000 kiloliter. Tak cuma memperluas pabrik di Lampung, Medco juga bakal membangun pabrik bio etanol di Merauke, Papua.

Pabrik di Papua ditargetkan bisa berproduksi sebanyak 180.000 KL bio etanol. Saat ini prosesnya masih dalam tahap pembebasan lahan tebu dan riset produksi tebu. "Kita belum punya angka investasi, tapi jika mengacu pabrik etanol standar mungkin bayangan saya untuk pabrik saja maksimum sekitar US$150 juta, di luar tanah," katanya.

Sementara itu, Asosiasi Produsen Biofuel (Aprobi) mencatat produksi bahan bakar nabati nasional pada kuartal pertama 2011 mencapai 300.000 kiloliter. "Sampai kuartal pertama tahun totalnya mungkin lebih dari 300.000 kiloliter," kata Sekjen Aprobi, Paulus Cakrawan.

Angka ini masih jauh dari target yang dipatok pemerintah. Dalam hitungan pemerintah, produksi bahan bakar nabati (BBN) tahun ini mencapai sekitar 800 ribu KL. Rinciannya, biodiesel 590 ribu KL, dan 200 ribu KL. “Kalau ditambah dengan ekspor, total produksi tahun ini harusnya 1 juta KL lebih,” jelasnya.

Paulus mengatakan, pengembangan BBN memang sulit diterapkan menyeluruh secara langsung. Pasalnya, pengembangan pemakaian BBN masih terkendala masalah distribusi dan kebijakan harga.

1 komentar:

  1. bisakah kerjasama untuk suplay singkong ke PT Medco Downstream Indonesia pak ?

    BalasHapus